1. Kurikulum
2013 khususnya Bahasa Indonesia merupakan kurikulum yang sangat baru dan sangat
berbeda dengan kurikulum sebelumnya.
a. Bagaimana
tanggapan anda tentang pernyataan tersebut!
Jawab:
Memang kurikulum
2013 khususnya Bahasa Indonesia merupakan kurikulum yang sangat baru dan sangat
berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada
kurikulum sebelumnya, bahasa Indonesia berada pada posisi yang setara dengan
pelajaran lain. Tetapi pada kurikulum 2013 ini, siswa diharapkan menjadikan
bahasa Indonesia sebagai pengetahuan dasar dalam memahami ilmu pengetahuan.
Semua materi berkaitan dengan pelajaran bahasa Indonesia dan memiliki
keterkaitan kompetensi dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Saya
sangat setuju. Menurut saya dengan adanya kurikulum 2013 ini dapat membantu
siswa lebih berkembang terutama dalam Bahasa Indonesia. Saya berharap bahwa
Kurikulum yang baru ini akan membawa perbaikan dalam pendidikan dan dapat menciptakan anak-anak yang lebih
kreatif, mempunyai rasa ingin tahu dan mampu bersaing secara global.
b. Sebagai
suatu perangkat, kurikulum 2013 memiliki perangkat standar isi, standar proses,
standar penilaian, dan sebagainya. Apa tanggapan anda tentang kelengkapan,
keselarasan dan isi perangkat kurikulum 2013?
Jawab:
Menurut saya
perangkat kurikulum 2013 ini sudah lengkap dan selaras. Mengenai isi sudah sangat
baik dan tersusun, hanya saja bagaimana guru mengaplikasikannya. Kalau para
guru sudah melaksanakannya sesuai, maka mutu pembelajaran pasti lebih baik dan
berkualitas.
2. Pasal
3 undang - undang dasar no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
menyatakan: “Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab”.
a. Berdasarkan
kutipan tersebut bagaimana sebaiknya pembelajaran Bahasa Indonesia harus
dirancang dan dilaksanakan agar mendukung tercapainya fungsi pendidikan
nasional tersebut, jelaskan pendapat anda?
Jawab:
Sudah kita ketahui kegiatan
pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat keterampilan berbahasa, yaitu
mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Materi pembelajaran seharusnya
berisi berbagai hal kekayaan Indonesia baik yang berupa dokumen nasional maupun
daerah (misalnya Pancasila, naskah Proklamasi, cerita-cerita rakyat, dll.)
dengan segala permasalahan dan solusinya, berupa gambaran kekayaan sosial
budayanya, maupun berupa berbagai problema internasional-nasional-regional yang
membuka wawasan siswa bertambah mencintai bangsanya sendiri, memeliharanya, dan
meningkatkannya.
Empat keterampilan berbahasa harus
disajikan secara terpadu dengan media dan sumber belajar yang variatif,
inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Model pembelajaran dipilih yang
memberikan wadah bagi peserta didik untuk bisa berbagi sekaligus bereksistensi,
kompetitif yang sportif berkarakter, dan sekaligus dapat mengembangkan
fungsi-fungsi bahasa secara optimal. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan saintifik yang mendorong dan
menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam
mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi
pembelajaran. Materi
pembelajaran bahasa meliputi tiga ranah: sikap/afektif, keterampilan, dan
pengetahuan secara terpadu. Ranah sikap menggamit transformasi
substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.” , ranah
keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta
didik “tahu bagaimana”,
dan ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar
peserta didik “tahu apa”. Pembelajaran seperti ini hasilnya adalah
peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft
skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup
secara layak (hard skills) sehingga dapat menunjang tercapainya tujuan Pendidikan
Nasional untuk mencerdaskan bangsa yang cerdas komprehensif.
b. Kemukakan
upaya-upaya yang perlu dilakukan guru Bahasa Indonesia untuk mewujudkan
pembelajaran Bahasa Indonesia yang mendukung tercapainya fungsi pendidikan
nasional tersebut.
Jawab:
Pendidikan
Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang komprehensif, yaitu
cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan
cerdas kinestetis. Insan Indonesia cerdas diwujudkan melalui proses pendidikan
baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.
Pembelajaran
Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran inti dalam pendidikan
disetiap satuan pendidikan memegang peranan sentral baik secara kuantitatif
maupun kualitatif serta kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dalam dunia
pendidikan sebagai Bahasa Nasional dan bahasa Negara.
Beberapa
upaya yang
perlu dilakukan guru Bahasa Indonesia untuk mewujudkan pembelajaran Bahasa
Indonesia yang mendukung tercapainya fungsi pendidikan nasional tersebut,
yaitu:
1.
Peningkatan
mutu bahasa. Guru Bahasa Indonesia dituntut untuk dapat
menjalankan tugasnya secara profesional dan benar-benar memahami tugasnya agar
mutu bahasa tetap terjamin.
2.
Pemantapan
sistem bahasa. Guru Bahasa Indonesia diharapkan mengadakan penelitian berbagai
aspek bahasa untuk mengetahui mutunya agar diperoleh data yang akurat untuk memantapkan
sistem bahasa Indonesia.
3.
Peningkatan
mutu penggunaan bahasa. Guru Bahasa Indonesia harus memberikan teladan kepada
peserta didiknya agar menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
Penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan, terutama bahasa
tulis, perlu ditingkatkan mutunya agar seluruh dokumen tulis kita menggambarkan
penggunaan bahasa Indonesia yang taat pada sistem/kaidah bahasa.
4.
Peningkatan
mutu tenaga kebahasaan. Pelaksanaan berbagai kegiatan di atas memerlukan tenaga
kebahasaan yang memadai dari segi jumlah ataupun mutu, baik ditingkat pusat
maupun di daerah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar