Jumat, 12 Juni 2015

KUNJUNGAN USAHA

PENELITIAN KUNJUNGAN USAHA  
“BUTTERFLY PARFUM”

TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
Dosen: Melly Agustina Permatasari, M.Pd.
Oleh:
Annisa                                                NIM A1B112084
Dwi Ajeng Puspitasari                     NIM A1B112086
Iin Yulia                                             NIM A1B112075
Noor Janah                                        NIM A1B112006
Redho Aulia                                      NIM A1B112016
Rizqa Rakhma Dianti                      NIM A1B112050




 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2014



KUNJUNGAN USAHA


A.    Gambaran umum
Nama usaha                                                                     : Butterfly Parfum
Pemilik usaha                                                                   : Rizali Hadi (Ka Rizal)
Bidang usaha                                                                    : Dagang
Bentuk badan usaha                                                         : Perorangan
Produk unggulan/ produk yang dijual                              : Victoria
Produk tersebut
(membuat sendiri atau memasarkan)                                : Memasarkan

B.     Latar belakang berwirausaha
 Awalnya dengan coba-coba memasarkan parfum kesana-kemari, kemudian sampai saat ini mempunyai toko sendiri walaupun tokonya kecil dan bertahan sampai sekarang kurang lebih 5 tahun.

C.    Aspek Pemasaran
1.      Daerah pemasaran                                                     : Banjarmasin, pernah juga keluar daerah
                       seperti  Kal-Teng.
2.      Pasar sasaran/ pembeli produk                                    : Anak muda
3.      Harga jual (partai dan eceran)                                     : Partai dan eceran
4.      Volume penjualan/ jumlah yang terjual                      : Tergantung pemesan
5.      Sistem penjualan dan pembayaran                              : Tunai
6.      Saluran distribusi                                                          : -
7.      Promosi                                                                        :  Melalui media sosial
8.      Analisa pesaing                                    
a.      Harga yang ditawarkan pesaing                              : Kurang lebih sama
b.      Siapa pesaing di luar                                               : Banyak
c.      Keunggulan pesaing                                                : Mempunyai nama yang sudah terkenal
d.      Kelemahan pesaing                                                  : Masalah pemasarannya saja
e.      Keunggulan usaha                                                   : Pemasaran yang melalui media sosial
f.       Kelemahan usaha                                                    : -
g.      Karakteristik penting usaha                                    : Pemasaran kami secara online
D.    Aspek Operasi
1.      Gambaran produk (foto)                                             : Lampiran foto dan video
2.      Satu kali proses produksi menghasilkan                    : Tergantung pemesanan
3.      Waktu yang diperlukan untuk satu kali
proses produksi                                                           : 5-10 Menit
4.       Bahan baku dan bahan penolong                               : Bibit parfum itu sendiri dan ada
                                                                                             sedikit bahan campuran yang lain
5.      Jumlah orang yang mengerjakan                                 : Satu orang
6.      Upah per orang setiap bulan                                        : Kurang lebih Rp 1.000.000
7.      Siapa pemasok bahan atau nama suplayer                   : -
8.      Banyaknya bahan                                                        : Tegantung pemesanan
9.      Peralatan yang digunakan                                           : Berupa alat suntik parfum

E.     Aspek SDM dan Yuridis
1.      Struktur ogranisasi usaha                                            :  -
2.      Jumlah karyawan/ tenaga kerja                                   : 1 orang
3.      Spesifikasi jabatan atau pembagian kerja                  : Atasan dan Asisten
4.      Pengembangan karyawan                                            : -
5.      Sistem balas jasa (gaji, tunjangan, pesangon)            : gaji per hari, per bulan dan bonus
6.      Perizinan (akta pendirian usaha, SIUP, dll                 : -

F.     Aspek Keuangan
1.      Kebutuhan modal investasi                                       : Sekitar 5-10 juta
2.      Sumber modal (sendiri atau pinjaman)                    : Sendiri
3.      Laba/ rugi usaha                                                       : -                   




SIMPULAN

Berdasarkan hasil kunjungan penelitian di tempat usaha ini, kami mendapatkan pengalaman dan bekal untuk mendirikan suatu usaha. Kita harus pandai memanfaatkan peluang usaha yang diperoleh. Menurut pengalaman dari seorang karyawan yang bekerja di tempat ini. Awalnya dengan coba-coba memasarkan parfum kesana-kemari, kemudian sampai saat ini mempunyai toko sendiri walaupun tokonya kecil dan bertahan sampai sekarang kurang lebih 5 tahun, dan usaha ini termasuk usaha kecil yang sukses di mana usaha ini mempromosikannya lewat media sosial.

1 komentar:

  1. polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.

    BalasHapus