Jumat, 12 Juni 2015

Perbandingan Cerita Romeo Dan Juliet, Laila Majnun, San Pek Eng Tay, Dan Nisan Berlumur Darah (Sastra Bandingan)


Perbandingan Cerita Romeo Dan Juliet, Laila Majnun, San Pek Eng Tay, Dan Nisan Berlumur Darah Dari Segi Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik
A.  Unsur Intrinsik
1.    Tema
Keempat karya tersebut sama-sama menceritakan tragedi sepasang kekasih atau mengangkat kisah cinta sejati.
2.    Tokoh dan Penokohan
Tokoh dalam cerita Romeo & Juliet:
a.    Romeo digambarkan sebagai laki-laki yang tampan dan sangat mencintai Juliet sampai dia rela mati demi Juliet.
b.    Juliet digambarkan sebagai seorang perempuan yang cantik dan sangat mencintai Romeo, Meskipun sudah ditunangkan dengan Valiant Paris, Juliet tetap setia pada Romeo dan ikut bunuh diri ketika Romeo bunuh diri.
Tokoh dalam cerita Laila Majnun:
a.    Qais yang digambarkan sebagai pemuda tampan, pintar, dan baik dalam segala hal. Dia sangat mencintai Laila sampai rela kehilangan segalanya dan dijuluki orang-orang sebagai Majnun (gila).
b.    Laila adalah putri dari seorang kepala suku di Jazirah Arab. Laila digambarkan sebagai perempuan yang cantik, berhati lembut, dan setia pada Qais. Sampai dia mati pun cintanya pada Qais (Majnun) tidak pernah berubah.
Tokoh dalam cerita San Pek Eng Tay:
a.    San Pek yang digambarkan sebagai pemuda Tionghoa yang pandai, tekun, rajin, dan penyayang.
b.    Eng Tay adalah seorang perempuan Tionghoa yang cantik dan cerdas. Demi melanjutkan keinginan besarnya, yaitu sekolah, dia rela merantau dan belajar ke Hang-ciu dengan menyamar sebagai anak laki-laki. Eng Tay sangat mencintai San Pek dan rela mati bersama San Pek.
Tokoh dalam cerita Nisan Berlumur Darah:
a.    Mashor adalah seorang pemuda yang digambarkan sebagai sosok yang berasal dari keluarga miskin, tetapi memiliki budi pekerti dan akhlak yang tinggi. Mashor sangat mencintai Fatimah, sampai ketika terjadi kebakaran dirumah Fatimah, Mashor rela mengorbankan nyawanya sendiri demi menyelamatkan Fatimah.
b.    Fatimah merupakan seorang gadis cantik yang berasal dari keluarga yang sangat kaya. Fatimah adalah anak yang baik, karena meskipun sebenarnya dia mencintai Mashor, tetapi Fatimah tetap patuh dan menurut pada keputusan orangtuanya yang menikahkan dia dengan Muhdar.
3.    Alur
Alur yang digunakan dalam cerita Romeo dan Juliet, Laila Majnun, San Pek Eng Tay, dan Nisan Berlumur Darah merupakan alur maju.
4.    Setting/Latar
Latat tempat yang digunakan pada Laila Majnun adalah latar kota Arab dengan segala kebudayaan sufi Islam. Romeo & Juliet menonjolkan latar kehidupan dan kebudayaan Eropa. San Pek Eng Tay menggunakan latar kehidupan Tionghoa. Nisan Berlumur Darah berlatar di desa Pekauman dan Teluk Selong, Martapura.
5.    Sudut Pandang
Sudut pandang yang digunakan dalam keempat karya tersebut adalah sudut pandang campuran.
6.    Amanat
Dari keempat karya satra tersebut amanat yang dapat diambil adalah sikap setiap manusia berhak mencintai dan memilih apa yang terbaik , jangan hanya memandang pada kedudukan dan hartanya saja.

B.  Unsur Ekstrinsik
1.    Nilai keagamaan
Nilai agama yang dapat diambil dari cerita Laila Majnun dan Nisan Berlumur Darah adalah karena perintah orang tua sehingga sang tokoh menerima perjodohan yang dipilihkan orang tuanya.
2.    Nilai Kebudayaan
Nilai kebudayaan dari keempat cerita tersebut berbeda-beda. Pada cerita Romeo dan Juliet budaya yang ditampilkan kemewahan kaum bangsawan pada saat pesta ulang tahun dan percintaan bergaya barat, lebih mendominasi dengan bunuh diri sebagai hal yang dilakukan saat masing-masing tokoh kehilangan cintanya. Dalam cerita Laila Majnun berorientasi pada pandangan masyarakat Arab/Persia. Sedangkan dalam cerita San Pek Eng Tay kebudayaan yang tergambar ialah orang tuanya memaksakan anaknya untuk dinikahkan dengan orang yang kaya, sedangkan dalam cerita Nisan Berlumur Darah budaya yang terlihat adalah adat budaya setempat juga memiliki kepercayaan bahwa keluarga bangsawan hanya akan menikahkan anak gadisnya dengan orang yang sederajat dan mempunyai hubungan keluarga bangsawan dan tentunya pilihan keluarga.
3.    Nilai Pendidikan
Pada cerita Romeo dan Juliet nilai pendidikan yang tergambar adalah kita harus sopan dan terpuji terhadap sesama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar