Senin, 15 Juni 2015

LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT



LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT
“CARA MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN
DI MAN 1 BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN”


 
DISUSUN OLEH:
ADITYA DESTIRA .W
DINI NURLAILI
ERLINA SARI
M. FAHRIZAL RIZKIADI
M. NAZMI FADILLAH
NOOR JANAH
NUR HIDAYAH
NOVINDA WANTI


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMSIN
2013



KATA PENGANTAR

Pertama – tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkah dan rahmat-Nya kami dapat membuat hasil laporan ini yang digunakan untuk melengkapi nilai tugas tengah semester mata kuliah Keterampilan Menulis dan juga kami tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan kami, baik dari keluarga maupun dari teman – teman yang selama ini membantu kami.
Dalam hasil laporan ini kami selaku penulis ingin memaparkan atau menjelaskan tentang “Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan” yang sekiranya dapat menjadi contoh tentang bagaimana membuat surat yang baik dengan penggunaan bahasa yang baik pula. Karena pada jaman atau era seperti sekarang ini telah banyak masyarakat yang melupakan penulisan Bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam surat - menyurat. Sehingga secara langsung hal tersebut menjadi biasa dikalangan masyarakat.
Oleh karena itu, kami mengambil tema “Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan” ini dengan harapan hasil laporan ini dapat digunakan dan bermanfaat bagi semua orang. Kami menyadari sepenuhnya akan keterbatasan kemampuan yang kami miliki, oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun kami terima dengan senang hati. Semoga hasil laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan. Amin.


                                                                                    Banjarmasin, 16 Desember 2013



                                                                                    Penyusun




PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Surat adalah media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga ke seseorang atau lembaga lainnya. Banyak kesalahan yang sering kita temukan dalam hal penulisan surat. Maka dari itu hasil laporan  ini membahas tentang seluk beluk surat sehingga dapat memberikan informasi yang mendalam kepada pembaca.
Dalam rangka mengemban amanat pengabdian pada masyarakat, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan kegiatan pengadian pada masyarakat berupa “Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan di MAN 1 Banjarmasin”. Di dalam pengabdian masyarakat kami mengambil sebuah tema mengenai cara menulis surat lamaran pekerjaan sebagai salah satu materi pembelajaran menulis di kelas XII SMA. Pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, mahasiswa dituntut untuk memadukan ilmu berdasarkan teori yang diperoleh dalam mengikuti perkuliahan dengan kegiatan nyata yang ada di lapangan, yang mana sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengalaman, sehingga mahasiswa tidak hanya terpaku pada teori saja, namun bersifat fleksibel sesuai dengan situasi yang dihadapinya.
Pengabdian masyarakat ini selain sebagai syarat kelulusan, diselenggarakan sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dimana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif di masyarakat, tempat dimana penyelenggaraan pengabdian. Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu mahasiswa dapat  membantu warga masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki, serta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah kedalam bentuk program-program yang bertujuan untuk membantu sesuai dengan masalah yang ada.


B.     RUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang akan penulis bahas dalam hasil laporan ini adalah:
1.      Bagaimana cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar?
2.      Bagaimana sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan?

C.    TUJUAN
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa masih banyak peserta didik yang belum mengetahui bagaimana tata cara penulisan surat yang baik dan benar, untuk itulah hasil laporan ini dibuat dengan tujuan agar peserta didik mengetahui sistematika cara penulisan surat yang baik dan benar. Hasil laporan ini sebagai bukti bahwa kami telah memenuhi tugas akhir mata kuliah Keterampilan Menulis.

D.    MANFAAT
Penulisan ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama peserta didik  sebagai panduan dalam penentuan dan penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.





PEMBAHASAN

A.    WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Rabu, 27 November 2013
Tempat : MAN 1 Banjarmasin
Peserta didik : 32 orang

B.     METODE PENGABDIAN
Pengabdian dilaksanakan di kelas XII IPA 2, MAN 1 Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jumlah siswa 32 orang. Pengabdian dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Lokasi MAN 1 Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

C.    TAHAP PENGABDIAN
1)      Perencanaan
Tahap perencanaan pembelajaran dalam pengabdian masyarakat ini meliputi a) penyusunan konsep di dalam kelas, b) penyusunan materi, c) penyusunan ronde-ronde permainan/turnamen, d) penyusunan angket dan tugas, dan e) penyusunan nilai keberhasilan.
2)      Pelaksanaan
Proses pembelajaran dilaksanakan setelah seluruh rangkaian persiapan selesai. Pelaksanaan sesuai jadwal proses belajar pembelajaran atau berdasarkan jadwal pelajaran. Setiap tatap muka berlangsung selama 1 x 45 menit, dalam satu kali tatap muka.
3)      Pemantauan
Pemantauan dilaksanakan bersamaan proses pembelajaran sesuai dengan jadwal untuk mendapatkan data berupa angket dan tugas menulis surat lamaran pekerjaan. Aktivitas siswa diamati oleh tim lainnya.

4)      Hasil
Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa angket yang diisi oleh peserta didik, untuk melihat seberapa paham peserta didik dengan materi yang telah dijelaskan dan tugas berupa menulis surat lamaran pekerjaan dengan soal yang telah disediakan.

D.    STRATEGI PELAKSANAAN
Agar pengabdian masyarakat ini mencapai sasaran maka pelaksanaan di laksanakan di MAN 1 Banjarmasin. Kegiatan dilakukan sebagai berikut:
1.      Perkenalan
Guru bahasa Indonesia memberitahukan kepada peserta didik bahwa ada mahasiswa dari FKIP Unlam yang ingin memberikan ilmu kepada mereka. Kemudian satu orang dari kami membuka dengan cara memperkenalkan diri kami masing-masing dan menjelaskan tujuan kami.
2.      Penjelasan pengisian angket dan tugas
Satu orang dari anggota kelompok menjelaskan cara pengisian angket dan cara mengerjakan tugas. Anggota kelompok yang lain membagikan angket dan kertas polio bergaris kepada peserta didik.
3.      Penjelasan materi
Materi tentang surat lamaran pekerjaan dijelaskan oleh satu orang dari anggota kelompok. Peserta didik diminta untuk memperhatikan dan mendengarkan agar bisa mengisi angket dan membuat surat lamaraan pekerjaan. Anggota kelompok yang lain memantau peserta didik agar tidak ribut saat penjelasaan meteri berlangsung.
4.      Tanya jawab
Tanya jawab dilakukan bagi peserta didik yang kurang paham mengenai materi, pengisian angket, dan cara membuat surat lamaran pekerjaan.
5.      Mengerjakan tugas yang telah diberikan
Peserta didik diminta untuk membuat surat lamaran pekerjaan di kertas polio bergaris tanpa menggunakan tipe-x dan harus bersih. Perta didik membuat surat lamaran pekerjaan dari surat kabar Banjarmasin Post, 23 November 2013 bahwa PT PURI WIRA MAHKOTA membutuhkan Administrasi. Lamaran dikirim ke: PT PURI WIRA MAHKOTA. Jalan Cemara Raya No.45 RT.44 RW.14 Banjarmasin.
6.      Pemberian hadiah
Hadiah berupa buku EYD yang diberikan kepada lima peserta didik yang benar dan paling cepat dalam pengisian angket dan membuat surat lamaran pekerjaan.
7.      Dokumentasi
Di akhir pembelajaran peserta didik dan kami mahasiswa berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Sebagai tanda terima kasih kepada guru bahasa Indonesia yang telah membantu kami dalam pengabdian ini, kami memberikan kado sebagai kenang-kenangan dari kami dan berpamitan.


E.     SAMPEL DATA YANG BENAR

Banjarmasin, 26 November 2013
Lampiran:
Perihal   :

Yth. Bapak/Ibu pimpinan
PT Multi Bangun Abadi
Jalan Cempaka Putih No. 42
di Banjarmasin

Dengan hormat,
            Berdasarkan iklan harian Banjarmasin Post tanggal 11 November 2013, menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu pimpin membutuhkan staff promo. Saya tertarik mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Saya bertanda tangan di bawah ini
nama                         :
tempat, tanggal lahir :
alamat                       :
nomor handphone     :
pendidikan terakhir   :
            Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan. Saya melampirkan:
1.      fotokopi ijazah SMA
2.      fotokopi surat berkelakuan baik
3.      daftar riwayat hidup
4.      pasfoto 3x4 sebanyak dua lembar

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,



(                             )



F.     PENGUMPULAN DATA DAN ANALISIS DATA
Pengumpulan data dilakukan dari hasil angket yang diisi peserta didik dan tugas membuat surat lamaran pekerjaan. Dari data yang kami terima dengan jumlah peserta didik 32 orang, maka hasil yang kami peroleh:

 




PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari data yang kami peroleh berupa angket dan surat lamaran pekerjaan, kami dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XII IPA 2 di MAN 1 Banjarmasin sebagian telah memahami bagaimana car menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Namun, masih ada beberapa peserta didik yang kurang paham denga cara menulis surat lamaran pekerjaan.

B.     SARAN
Surat lamaran pekerjaan adalah salah satu syarat wajib untuk melamar suatu pekerjaan. Jadi, diharapkan di dalam penulisaan maupun sistematika penyusunan surat ini harus baik dan benar. Jangan sampai saat melamar suatu pekerjaan surat lamaran pekerjaan yang dibuat itu salah, untuk itu pahami bagaimana cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar agar saat melamar suatu pekertjaan tidak terjadi kesalahan.

LAMPIRAN
a.      Tugas peserta didik



b.      Foto-foto



Tidak ada komentar:

Posting Komentar